Tuesday, June 22, 2010

Sentilan Ringan Dari Allah

Beberapa hari yang lalu, seorang teman fesbuk say hello padaku lalu tanya "Kamu kakaknya Agni ya?" Uhuhu... Siapa dia kok enak gitu panggil kamu-kamu. Aku punya nama kalee tapi gak papalah secara umur dia lebih tua dariku.

Dia melanjutkan pertanyaannya "Kamu uda kerja, di mana, bagian apa dan bla...bla...bla..."
Saya gak merasa dia supel, ramah tapi sedikit sok akrab dan gak sopan. Nanya ini itu tapi seperti kurang permisi. Ya...ya...ya...awal yang gak ngenakin tapi eneg.

Saya jawab satu per satu pertanyaannya lalu dia menimpali "Wahh hebat ya satu keluarga seniman semua." 
"Oia..." Jawabku
"Bentar lagi Agni bakal nyusul kamu nihh."
"Kok bisa..."
"Dia kan juga aktif ngurusin pameran."
Aku dengan PDnya bilang, ya..ya...biar dia belajar tapi aku harap nantinya lebih fokus berkarya (bukan tanpa alasan lo ya, selama ini adeku keliatan menikmati banget nglukis dan cenderung jadi pelukis).
"Ya itu kan mw kamu! Uda pernah tanya apa mw dia..??"
Ihhhhh kesel donk dengan komennya. Batinku siapa kamu, dateng gak diundang kesannya jadi kayak nguliahin aku. Aku gak maksa dia ya, sebagai kakak aku cuman ngarahin aja, skill n minadnya ke mana ya aku arahin. Gitu aja!!

"Dia kan mw ambil pengkajian" katanya lagi.
Tuing...tuing....tuing.... Aku kaget donk gak ada cerita gak ada kabar kok dia yang bukan siapa-siapa bilang gitu. "Kamu akrab yah ama adeku..?"

"Gak, dah lama gak ketemu juga, tapi tiap kali ketemu dia pasti curhat. Dan terakhir ketemu dia cerita lebih suka mengkaji gitu."

Oawhh..... Aku diam. Mikir, tiba-tiba jadi inget n kangen adeku. Dah lama kita gak saling curhat. Terakhir dia sering mengeluh tentang tugas kuliah n beberapa nilainya yang anjlok tapi aku agak nyuekin karena di sini juga lagi super ribet n stress tingkat tinggi dengan banyaknya agenda pameran yang saling berkejaran.
Tapi ada secuil rasa bersalah, sesibuk apapun, aku harus tetap punya waktu untuk keluargaku. Tapi aku bisa ketinggalan kabar sepenting ini tentang hidupnya. Wahh kacau kacau.... malu juga ama temennya.

"Emank kamu gak tw rencananya itu?" Dia nongol lagi.
Uhf rese rese!! Kamu ngomongnya ketus tauukkk. 

Trus dia pamit. Ehh aku off dulu ya...
Jiaaahh langsung kabur dia. Jadi intinya tadi cuman mw ceramahin aku dengan tak tik begitu ya...

Hemmm kok aku jadi negative thinking. Lupakan pikiran buruk itu, yang terpenting adalah hikmah dari percakapan ini. Jadi timbul rasa kangen n perhatian lagi khususnya ama ade2ku yang emank butuh digandeng.

Dan setelah kejadian itu, beneran loh aku jadi perhatian lagi n lemah lembut gitu ama ade2ku. Huhuhu dudududu dan adeku bahagia banget. Mereka selalu bilang makasih mba atas perhatiannya, aku seneng banget mba n bla...bla...bla...
Dan gak tanggung2 kalo adeku sibuk persiapan pameran aku adalah orang pertama yang perhatian n dukung dia (Itu kata dia lo, biasanya sms ato tulis di wall ato PM).

Pelajaran berharga kadang disampaikan melalui hal-hal yang sederhana. Seperti percakapan yang sebentar ini. Akhirnya saya berterima kasih padanya (tapi dalam hati abis malu seh, n gak kenal juga ama dia...hehe). 

Sesibuk apapun hal-hal demikian masih bisa diusahakan kok, kembali lagi ke niat. Dan ternyata selama ini saya blom cukup niat alias cuman hangat-hangat tai ayam, mood2 an. Sementara mereka butuh perhatian kita setiap saat. Kalo sekedar nanyain gimana de kuliahnya, ato bilang cerita ya tentang aktivitasmu bisa membuat mereka hepi kenapa aku gak bisa mengusahakan untuk mereka yang kusayang..????

Tulisan ini bwt ade-adeku di rumah de Di, de Ag dan de Gal.



No comments: